Persib Siapkan 5 Kapten


Tim pelatih Persib Bandung mulai membahas calon kapten tim untuk Liga Indonesia XIII/2007. Namun, sejauh ini pembahasan masih berkutat soal kriteria calon kapten dan sama sekali belum muncul nama calon. Sebelumnya, pelatih Arcan Iurie Anatolievici sudah menyatakan akan memilih lima kapten untuk tahun depan.


Paling tidak, informasi sudah adanya pembahasan calon kapten Persib pada LI XIII/2007 tersebut disampaikan Asisten Pelatih Persib, Robby Darwis. “Ya, tim pelatih memang sudah mulai membicarakan calon kapten tim. Tetapi, yang dibicarakan masih soal kriteria. Jadi, sampai saat ini belum muncul kandidat,” kata Robby di Wisma Puri Asri, Jln. Bali, Bandung, Selasa (31/10).

Menurut Robby, soal nama calon kapten baru akan dibicarakan dalam pertemuan selanjutnya. “Soal nama calon, nanti akan dibicarakan lagi dalam pertemuan selanjutnya dengan melibatkan pemain,” tambahnya.

Sebelumnya, pelatih Arcan Iurie Anatolievici mengatakan, tim pelatih tidak akan memilih kapten di lapangan saja, tetapi juga ada kapten di luar lapangan yang jumlahnya tidak seorang. “Untuk tahun depan, paling tidak kita akan memilih lima pemain yang akan menjadi kapten. Mereka merupakan sebuah tim yang bisa berkomunikasi dengan tim pelatih menyangkut berbagai permasalahan,” kata pelatih asal Moldova itu.

Biar demokratis

Iurie mengatakan, untuk tahun depan, paling tidak ia akan memilih lima pemain yang akan menjadi kapten. Selain seorang kapten di lapangan, ada empat kapten lain di luar lapangan. “Dengan adanya lima kapten, saya bisa berkomunikasi secara leluasa dan jika ada persoalan yang tidak ditemukan titik temunya, bisa dilakukan voting,” ujarnya.

Soal nama calon, Iurie pun belum mengungkapkannya. Hanya saja, dalam pemilihan kapten tim, ia tidak akan terjebak pada dikotomi asing dan lokal serta posisi pemain di lapangan. “Yang pasti, pemain yang akan dipilih jadi kapten memiliki kualitas permainan di atas pemain lainnya. Selain itu, dia harus bisa berkomunikasi dengan tim pelatih mengenai berbagai persoalan, baik dari sisi teknis maupun nonteknis,” katanya.

Untuk soal teknis, Iurie sangat berharap, lima kapten yang dimilikinya bisa berdiskusi mengenai berbagai persoalan teknis seperti program latihan dan strategi yang akan diterapkan dalam sebuah pertandingan. Iurie mengatakan, lima kapten itu juga harus menjadi wakil rekan-rekannya jika ada keluhan terhadap pelatih atau manajemen.

“Kalau ada persoalan gaji atau bonus misalnya, pemain tidak boleh langsung kepada manajer. Mereka harus menyampaikannya kepada tim kapten untuk disampaikan lagi kepada tim pelatih. Nanti, baru tim pelatih yang menyampaikannya kepada manajemen,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: