Fisik Pemain Anjlok Pasca-Idulfitri


Kondisi fisik pemain Persib mengalami penurunan cukup tajam setelah mereka libur Idulfitri selama 10 hari. Menurut pelatih Arcan Iurie Anatolievici, para pemain kurang maksimal berolah raga sendiri ketika mendapat jadwal libur, sehingga kondisinya tidak sama dengan terakhir latihan di bulan Puasa.

Iurie masih memberikan materi latihan secara bertahap. Pada latihan pekan pertama ini,dia tidak ingin ada pemain yang mengalami cedera karena mendapat porsi latihan cukup berat. Oleh karena itu, pada latihan kedua kemarin, pemain hanya menggunakan sepatu ketsuntuk menghindari cedera.

“Lapangannya cukup keras. Pada latihan pertama, pemain akan merasa pegal pegal.Ini tidak baik jika pemain kembali menggunakan sepatu bola karena bisa membuat otot mereka sakit. Saya tidak ingin pemain kehilangan waktu dua atau tiga hari absen, gara-gara cedera otot,” ujarnya.

Agenda latihan yang sudah disusun, hingga Sabtu (4/10), jadwal latihan Persib hanya sehari sekali, tiap pagi mulai pukul 8.00 WIB di Pusdikpom. Menurut pelatih asal Moldova itu, selama sepekan ini latihan difokuskan untuk pemulihan kondisi fisik dalam persiapan memasuki fase latihan keras yang akan dimulai di Lembang pekan depan. Pemilihan latihan pagi juga untuk menghidari kemungkinan hujan.

Sehari tiga kali

Iurie mengatakan, selama di Lembang rencananya frekuensi latihan akan dilaksanakan tiga kali dalam sehari. Latihan pagi dan sore khusus latihan fisik, sedangkan siang hari latihan formasi pola permainan.

Iurie akan memilih pola 4-4-2 pada kompetisi 2007. Pola sepak bola modern ini sudah diterapkan secara penuh oleh klub-klub di Asia Tenggara. Sementara di Indonesia masih terpaku dengan pola lama 3-5-2.

Iurie memahami, para pemain Persib masih akan mengalami kesulitan beradaptasi dengan pola 4-4-2. Sebab, selama ini mereka sering bermain dengan pola 3-5-2, dengan menempatkan satu pemain sebagai libero. Sebenarnya, kata Iurie, pola 4-4-2 dan 3-5-2 tidak jauh berbeda. Namun, pada pola 4-4-2, pemain tengah atau gelandang bertahan, harus memiliki mobilitas tinggi membantu penyerangan dan bisa cepat menjadi stopper menjaga penyerang depan lawan. Pemain di lini belakang dalam posisi sejajar.

Pada latihan kemarin, kembali hanya diikuti 12 pemain saja. Yaris Riyadi meminta izin absen karena ada keperluan keluarga. Sementara Salim Alaydrus sudah mulai bergabung latihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: