Rotasi, Keharusan Bagi Persib


Rotasi, menjadi alternatif penting dalam menentukan komposisi pemain sesuai dengan pola yang akan diterapkan pelatih Arcan Iurie Anatolievici. Rotasi pemain di tim Persib untuk kompetisi 2007, tidak bisa dihindari mengingat pemain-pemain yang akan direkrut memiliki kualitas berimbang dan sarat dengan pengalaman di kompetisi.

“Persaingan untuk mendapatkan tempat di posisi inti akan lebih ketat. Kualitas pemain cukup merata. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga mereka harus bersaingan dengan rekan sendiri untuk dapat masuk skuad inti Persib,” ujar Asisten Manajer Persib, Adeng Hudaya, di Wisma Puscadnas Jln. Bali Bandung, Selasa (17/10).

Menurut Adeng, jika tidak ada hambatan di tengah jalan, 22 pemain yang menjadi rancangan kerangka Persib 2007, akan menjadi gambaran kekuatan Persib sebenarnya. Meski belum ada penandatanganan kontrak berkekuatan hukum, pemain yang dibidik itu sudah memiliki komitmen kuat untuk bergabung dengan Persib.


“Tinggal menunggu waktu mereka bergabung dengan Persib. Itu pun jika tidak ada aral melintang di tengah jalan, seperti klub lamanya tiba-tiba tidak mau melepas pemain tersebut. Tapi, sejauh ini mereka berkomitmen untuk gabung dengan Persib dan menunggu habis masa kontrak dengan klub lamanya,” ujarnya.

Adeng mengatakan, Iurie akan mempersiapkan pemain dengan pola permainan berbeda-beda. Hal ini untuk membiasakan pemain cepat menyerap instruksi pelatih dalam situasi tertentu. Dengan demikian, jika Iurie ingin pola 3-5-2, 4-4-2, atau 4-5-1, pemain sudah siap. Pola berbeda ini menyesuaikan dengan calon lawan yang dihadapi Persib.

“Karenanya rotasi pemain perlu dilakukan. Hal ini menjadi kesempatan kepada pemain lain untuk memperlihatkan kemampuannya,” ujar Adeng.

Asisten pelatih Djadjang Nurdjaman menambahkan, dengan materi pemain nanti, Iurie lebih mudah dalam memilih pemain yang akan diturunkan di lapangan. Namun, dia mengakui, nantinya pemain harus berbesar hati jika duduk di bangku cadangan karena alasan strategi.

“Tapi, perlu diingat oleh pemain, jadwal kompetisi cukup padat. Bisa saja pemain di laga pertama main, pertandingan berikutnya diganti pemain lain yang fisiknya masih prima. Ini juga untuk menyeimbangkan kekuatan tim agar kondisinya tetap stabil,” ujarnya.

Melihat rancangan kerangka Persib 2007, di lini tengah akan terjadi persaingan cukup ketat. Di sana, ada Lorenzo Cabanas, Salim Alaydrus, Eka Ramadani, Cucu Hidayat, dan Suwita Pata. Di lini depan ada Z

aenal Arief, Christian Beckamenga Beckamengo, Redouane Barkaoui, dan Dicky Firasat.

Sementara itu, gelandang serang Persib, Eka Ramdani kembali dipanggil timnas untuk melakukan pemusatan latihan di Solo akhir Oktober ini. Timnas saat ini masih berada di Cina dan baru kembali ke Indonesia, Rabu (18/10). Setelah berlatih di Solo, timnas rencananya akan ikut turnamen di Vietnam. Selain itu, timnas juga mempersiapkan diri menghadapi turnamen sepak bola ASEAN (pengganti Piala Tiger).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: