PEMAIN ASING IBARAT LOTERE


Pelatih Persib Bandung, Arcan Iurie Anatolievici, kembali mengatakan bahwa ia tidak mau gegabah dalam merekrut pemain untuk menjadi skuadnya, terutama pada saat Persib akan merekrut pemain asing yang baru mencoba iklim kompetisi di Liga Indonesia.

‘Saya harus hati-hati memilih pemain. Meskipun saya sekarang punya calon striker yang bagus, tetap saya harus hati-hati. Pakai pemain asing baru ini seperti lotere,’ kata Iurie kepada Tribun di mess pemain Wisma Puscadnas, Senin (16/10).

Namun Iurie enggan menyebutkan nama pemain yang menurutnya memiliki kualitas yang bagus tersebut. ‘Meskipun ini pemain yang super, saya harus berhati-hati untuk menentukan apakah dia masuk menjadi salah satu pemain Persib atau tidak,’ katanya.

Berdasarkan pengalamannya merekrut pemain asing, kata Iurie, ada beberapa karakter pemain. Kestabilan permainan dari pemain yang direkrut tersebut juga menjadi dasar pertimbangannya. ‘Dalam masa-masa liga, ada pemain yang kemampuannya cepat turun, tetapi juga cepat untuk naik. Ada yang cepat turun, tetapi lambat naiknya,’ paparnya.

Christian Beskamenga Beckamengo dan Lorenzo Cabanas adalah dua nama pemain yang saat ini sudah sering disebut-sebut bakal segera bergabung dengan Persib. Meskipun proses pendekatan kepada dua pemain ini sudah dilakukan dan tinggal menunggu waktu, Iurie mengatakan bahwa ia tetap harus punya rencana alternatif. ‘Kita juga harus siapkan pemain penggantinya kalau sampai Lorenzo tidak jadi ke Persib,’ katanya.

Salah satu pertimbangannya, kata Iurie, adalah aturan main dalam manual liga dari Badan Liga Indonesia yang masih baru beberapa hari disosialisasikan. Jadi, untuk mengantisipasi kasus seperti Alejandro Tobar yang dinyatakan tidak bisa main di Persib, Iurie harus punya pemain alternatif. (bb)

Dua Tempat untuk Pemain Magang

Meski target Persib Bandung musim mendatang adalah merengkuh gelar juara, pelatih Arcan Iurie tidak mau melupakan proses pembinaan pemain muda asal Bandung. Ia mengatakan bersedia memasukkan dua pemain muda untuk dibina di Persib.
‘Kalau menurut manajemen Persib perlu, saya dapat mengalokasikan dua tempat untuk pemain yang belajar di tim Persib,’ ungkap Iurie kepada para wartawan di Wisma Puscadnas, kemarin.

Iurie mengatakan, dua pemain muda tersebut bisa saja berasal dari pemain yang kini memperkuat Persib U-23. ‘Ya, mereka bisa saja diikutkan dalam Persib,’ katanya.

Saat ini, kata Iurie, sudah ada 21 pemain dari kuota 24 pemain untuk Liga Indonesia 2007. Namun permasalahan yang dipikirkannya bukan dari besar kecilnya jumlah pemain, melainkan pada kemampuan setiap pemain yang menjadi bagian dari komposisi Persib. ‘Saya tidak memikirkan jumlah 21 atau 24 pemain. Yang saya pikirkan adalah Persib diperkuat oleh pemain berkualitas,’ katanya.

Melihat pengalaman di musim lalu, mantan pelatih Timnas Moldova U-17 ini mengatakan, banyaknya pemain yang memperkuat sebuah klub bukan jaminan, tetapi jumlah pemain ini harus didukung oleh kualitas permainan yang dimiliki setiap pemainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: