Jelang Libur, Porsi Latihan Meningkat


Tim pelatih Persib mening-katkan porsi latihan menjelang berakhirnya program latihan bulan Ramadan, sehingga diharapkan kondisi fisik pemain tetap prima. Rencananya, Persib mengakhiri latihan Kamis (19/10) dan mulai kumpul kembali Senin (30/10).

“Menyambut idulfitri, pemain akan diliburkan selama 10 hari. Karena itu, fisik pemain harus dalam kondisi prima. Tim pelatih juga ingin kondisi fisik pemain saat ini tidak terlalu beda jauh dengan kondisi sebelum puasa,” ujar asisten pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, ketika dihubungi Senin (16/10).


Mantan pemain Persib ini mengatakan, meski volume latihan makin meningkat, pemain penuh semangat mengikuti instruksi pelatih. Apalagi, pelatih Arcan Iurie Anatolievici, pandai mengombinasikan materi latihan, sehingga pemain bisa dengan rileks menjalankan tugasnya.

“Saya juga terkejut melihat semangat pemain mengikuti latihan. Padahal, mereka sedang menjalankan ibadah puasa. Mungkin orang lain menilai banyak pemain yang tidak puasa. Tapi, kalau pemain sudah merasa enjoy, tidak akan merasakan capek. Baru setelah latihan selesai, mulai terasa capek,” ujarnya.

Latihan Persib ini mendapat perhatian besar dari bobotoh. Tempat duduk yang ada di dalam gedung sudah tidak bisa menampung bobotoh yang jumlahnya mencapai ratusan orang. Di lain pihak, kapasitas tempat duduk hanya bisa menampung sekira 100 orang.

Karena tempat duduk sudah penuh, penonton berjubel hingga pinggir lapangan. Bahkan, untuk masuk ke dalam GOR cukup sulit karena penonton berjubel di pintu masuk. Pada saat sesi latihan game atau tendangan ke arah gawang, terkadang bola mengarah keras ke penonton yang berada di pinggir lapangan. Namun, hal itu tidak membuat nyali penonton ciut. Mereka tetap pilih tempat di sana.

Menurut Djadjang, kehadiran bobotoh juga memberikan motivasi kepada pemain. Bobotoh memberikan aplus tepuk tangan kepada pemain yang memperlihatkan kemampuan tekniknya. Jika ada sesi latihan kecepatan yang terbagi dalam dua kelompok atau lebih, bobotoh memberikan semangat kepada pemain. “Suasana juga membuat pemain penuh semangat dalam menjalankan latihan,” ujarnya.

Berkaitan dengan posisi aman sejumlah pemain asing yang akan direkrut, ditanggapi positif Iurie. Meski tidak banyak komentar, Iurie mengaku senang karena dia bisa konsentrasi dalam melatih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: