Teknik & Fisik Pemain Persib Meningkat


Asisten Manajer Bidang Teknik Persib, Adeng Hudaya, menilai selama latihan bulan Ramadan, kemampuan teknik dan fisik Salim Alaydrus dkk. mengalami peningkatan. Pelatih kepala Arcan Iurie Anatolievici dan pelatih fisik Dino Sefriyanto, meningkatkan volume latihan meski durasinya tetap satu jam.

“Saya melihat latihan menjadi lebih padat. Pada awal latihan, pemain lebih sering diberikan kesempatan untuk istirahat. Tapi, saat ini variasi latihan lebih banyak, dan pemain bersemangat mengikuti instruksi pelatih,” ujar Adeng ketika dihubungi, Kamis (12/10) malam.

Penilaian Adeng ini setelah melihat dari kondisi pemain sedang menjalankan ibadah puasa. Menurut dia, kondisi seperti itu cukup menggembirakan karena latihan di bulan Ramadan untuk memelihara kondisi fisik dan sentuhan bola pemain, hampir mencapai sasaran.

“Tim pelatih Persib tidak berani memasang target pencapaian maksimal kondisi pemain, karena sedang menjalani ibadah puasa. Kondisi fisik pemain tidak anjlok dan kemampuan teknik juga bisa terjaga dengan baik,” ujarnya.

Menurut Adeng, latihan di lapangan futsal cukup membantu pemain memeragakan permainan cepat satu dan dua sentuhan. Main di lapangan kecil, membuat pemain lebih banyak bergerak, dan bola harus cepat diumpan kepada rekannya.

Asisten pelatih Djadjang Nurdjaman menambahkan, meski selama Ramadan latihan di lapangan futsal, tidak akan mengganggu permainan di lapangan normal. Latihan di lapangan futsal, sifatnya sementara. Pemain akan cepat adaptasi kembali ketika mulai berlatih di lapangan normal.

“Saya berharap pada saat latihan di lapangan normal, pemain bisa menerapkan permainan bola-bola pendek cepat seperti yang mereka peragakan di lapangan futsal,” ujar Djadjang.

Uji coba

Djadjang mengatakan, menutup latihan pada bulan Ramadan, Persib mengangendakan pertandingan uji coba. Rencananya, latihan terakhir Persib Kamis (19/10), dan kembali berlatih usai Lebaran, tanggal 30 Oktober.

“Uji coba nanti juga untuk melihat sejauh mana pemain bisa menerapkan hasil latihan teknik di lapangan futsal. Minimal mereka bisa memperlihatkan permainan bola-bola pendek cepat,” ujar Djadjang.

Djadjang belum mengetahui calon mitra tanding Persib nanti. Namun, kata dia, uji coba ini juga untuk memberikan hiburan kepada bobotoh. Latihan mulai memasuki fase berat pembentukan kondisi fisik pemain akan dilaksanakan usai Lebaran. Berdasarkan program yang sudah disusun, latihan fisik akan dilaksanakan di daerah dataran tinggi yang memiliki kadar oksigen rendah.

Pada latihan kemarin, penonton memadati Lapangan Futsal Pro Duta di Kompleks Mekar Wangi Bandung. Jumat sore ini pukul 16.00 WIB Persib akan kembali berlatih di tempat yang sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: