Persaingan Antarpemain Akan Berlangsung Ketat


Photobucket - Video and Image Hosting
PEMAIN belakang Persib, Aji Nurpijal berusaha menyerobot bola sambil menjatuhkan diri dari kaki gelandang Persib, Eka Ramdani saat berlatih di lapangan futsal Mekar Wangi Bandung, Senin (9/10).* ANDRI GURNITA/”PR”
Pemain Persib mendukung langkah pelatih Arcan Iurie Anatolievici yang akan menempatkan pemain dalam posisi sama, sehingga tidak ada istilah anak emas. Sebagai pelatih profesional, sudah sepantasnya dalam memilih pemain mengedepankan objektivitas.

Demikian pendapat gelandang Persib, Salim Alaydrus dan Suwita Pata, seusai melakukan latihan futsal di Lapangan Pro Duta Kompleks Mekar Wangi Bandung, Senin (9/10).

Menurut Salim, sepak bola adalah permainan kolektif, sehingga jika ada salah satu posisi pincang, kekuatan tim akan hilang. Oleh karena itu, jika ada pemain bintang tapi permainannya buruk, lebih baik tidak perlu diturunkan karena bisa mengganggu keutuhan tim.

“Walau ada pemain bintang, tapi mainnya goreng (jelek), ya…goreng we. Jangan dipaksa-paksa untuk main. Lebih baik pilih pemain yang lebih siap,” ujar Salim.

Ia mengatakan sikap pelatih asing dalam memilih pemain, biasanya lebih objektif. Menurut pemain asal Purwakarta itu, pelatih lokal cenderung memiliki sifat agak segan mengganti pemain bintang. “Saya dan pemain lain pasti memiliki keinginan agar Iurie bisa bersikap objektif. Saya mendukung sikap Iurie yang akan meniadakan istilah anak emas,” katanya.

Suwita Pata menambahkan sikap yang akan diterapkan Iurie bisa meningkatkan persaingan sehat antarpemain untuk memperebutkan tempat inti. “Dalam iklim sepak bola modern, sudah seharusnya seperti itu. Sudah tidak zamannya lagi ada istilah ‘anak emas’ dalam sepak bola,” ujar Suwita.

Melihat kerangka tim Persib 2007, peta persaingan antarpemain akan berlangsung ketat. Di lini tengah. Tiga posisi di lini tengah, yakni dua gelandang serang dan satu gelandang bertahan akan diperebutkan lima pemain. Mereka adalah Suwita Pata, Eka Ramdani, Salim Alaydrus, Lorenzo Cabanas, dan Cucu Hidayat. Begitu juga untuk duet di lini depan. Persib memiliki empat pemain, yakni Zaenal Arief, Dicky Firasat, Redouane Barkaoui, dan Christian Beckamenga Beckamengo.

Di posisi bek sayap kiri dan kanan, ada lima pemain, yakni Yaris Riyadi, Gilang Angga Kusumah, Sony Kurniawan, Erik Setiawan, dan Aji Nurpijal. Tiga posisi di lini belakang, ada Edi Hafid Murtado, Muhammad Patricio Jimenez Diaz, dan Nyeck Nyobe Georges Clement. Dua pemain lagi, yakni Nova Arianto dan Bayu Sutha akan segera menyusul bergabung dengan Persib.

Posisi kiper, Persib rencananya akan mengontrak tiga pemain, yakni Cecep Supriatna, Edi Kurnia, dan Tema Mursadad.

Dari:
Photobucket - Video and Image Hosting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: