Komposisi Pemain Sudah Ideal


Kerangka Persib untuk Kompetisi Sepak Bola Liga Indonesia 2007 mendapat reaksi positif. Mantan striker Persib, Sutiono, menilai komposisi pemain yang ada sekarang cukup ideal. Materi pemain yang direkrut cukup berkualitas dan sudah memiliki pengalaman berlaga di kompetisi.

“Tugas berat pelatih adalah menyatukan sikap ego semua pemain menjadi satu visi untuk kekuatan Persib. Terkadang, materi bagus, tapi secara tim tidak. Hal ini akibat masing-masing pemain masih memiliki ego tinggi,” ujar Sutiono, ketika dimintai pendapatnya soal kerangka Persib 2007, di Bandung, Sabtu (7/10).

Pencetak 21 gol pada Liga Indonesia I ini memberikan contoh tim Persib 2006. Menurut dia, materi pemain Persib saat itu sudah cukup bagus. Namun, kenyataannya prestasi Persib justru selalu berada di papan bawah klasemen sejak kompetisi bergulir. Hal itu, dalam penilaian Sutiono, pemain masih belum satu hati sehingga karakter permainan Persib sesungguhnya tidak ada.

“Usaha manajemen Persib dengan mendatangkan pemain sudah cukup bagus. Gambaran kekuatan Persib sudah terlihat karena materi yang ada cukup berkualitas. Saya berharap sikap profesional yang dimiliki semua pemain bisa membuat mereka cepat beradaptasi dengan permainan di Persib,” ujarnya.

Kendati begitu, Sutiono mengingatkan Tim Pelatih Persib harus bekerja keras dalam membangun kekuatan Persib. Arcan Iurie Anatolievici dkk. bisa berkaca pada kegagalan di kompetisi 2006. Kelamahan-kelemahan yang terjadi di kompetisi itu harus secepatnya dibenahi.

Menghadapi kompetisi 2007, Persib merekrut penyerang asal Kamerun, Christian Bekamenga. Pemain asal klub Negeri Sembilan Naza Malaysia ini tercatat sebagai top scorer Piala Malaysia 2006 dengan 9 gol. Selain itu, Persib juga akan merekrut stopper Nova Arianto dan Bayu Sutha, gelandang Suwita Pata, serta kiper Tema Mursadad.

Dengan masuknya nama-nama pemain itu, kerangka Persib 2007, yakni Tema Mursadad, Edi Kurnia, Cecep Supriatna (kiper). Patricio Jimenez, Nyeck Nyobe Georges Clement, Nova Arianto, Bayu Sutha, Edi Hafid Murtado, Yaris Riyadi, Gilang Angga Kusumah, Sony Kurniawan, Erik Setiawan, Aji Nurpijal (belakang). Suwita Pata, Eka Ramdani, Salim Alaydrus, Lorenzo Cabanas, Cucu Hidayat (tengah). Zaenal Arief, Dicky Firasat, Redouane Barkaoui, Christian Bekamenga (depan).

Edwin “Bontenk” Hardi, bobotoh asal Lodaya, berharap pelatih Iurie diberikan kebebasan berkreasi meramu tim dengan baik. Materi pemain yang ada dalam kerangka Persib saat ini telah menumbuhkan sikap optimistis bobotoh bahwa tim kesayangannya bisa berprestasi lebih baik.

“Tapi, baik pelatih maupun pemain jangan menjadi over confidence karena perjuangan di kompetisi sangat berat. Semua harus menyamakan persepsi untuk membawa Persib meraih juara,” ujar Bontenk mengingatkan.

Menurut dia, perekrutan pemain untuk kompetisi 2007 sungguh di luar dugaan karena mereka umumnya cukup menonjol di klub lamanya. Oleh karena itu, pemain dan pelatih harus bekerja keras pada masa persiapan ini sehingga fisik maupun mental mereka dalam kondisi siap tempur ketika mengawali kompetisi.
Dari:
Photobucket - Video and Image Hosting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: