Tak Rugi Rekrut Serge atau Batoum


Dua striker asing asal Kamerun yang diincar Persib, yakni Roger Batoum (Persija) dan Emaleu Serge (Arema), dinilai memiliki kapasitas sebagai penyerang berbahaya dan naluri mencetak golnya cukup baik.

Demikian penilaian mantan striker Persib, Sutiono, ketika dihubungi “PR”, Rabu (27/9). Sutiono merupakan pencetak gol tunggal yang mengantarkan Persib meraih juara Liga Indonesia I, dengan mengalahkan Petrokimia 1-0.

Menurut Sutiono, Persib lebih baik merekrut salah satu dari mereka, karena sosoknya sangat dibutuhkan Persib untuk menambah daya serang lebih tajam. Apalagi, Persib baru memiliki dua striker, yakni Redouane Barkaoui dan Dicky Firasat, sedangkan Zaenal Arief belum tentu bisa bergabung, jika terpilih masuk tim nasional untuk Piala Asia 2007.

“Kehadiran salah satu dari mereka sangat dibutuhkan untuk mendampingi Barkaoui atau Dicky. Terlalu riskan untuk kompetisi padat, Persib hanya memiliki dua striker murni,” ujar Sutiono.

Dalam penilaian dia, dua striker itu memiliki kelebihan berbeda. Serge lebih ngotot dan daya jelajah sangat kuat, sedangkan Batoum memiliki kemampuan teknik individu di atas rata-rata pemain lokal, dan penguasaan bola sangat baik. Batoum juga pintar menempatkan diri di daerah kosong.

“Naluri golnya tidak perlu diragukan lagi. Serge menjadi pencetak gol terbanyak di Copa 2006, sedangkan Batoum pada liga 2005. Saya kira tidak akan rugi merekrut salah satu dari mereka,” ujarnya.

Dalam keterangan resmi Minggu (24/9), manajer Persib, H. Yossi Irianto, mengatakan Persib membidik satu striker tambahan untuk memenuhi kuota lima pemain asing, jika playmaker asal Cile, Alejandro Tobar tidak bisa direkrut karena terganjal persyaratan masa edar pemain asing yang dibatasi empat musim kompetisi. Keputusan masa edar ini ditetapkan dalam rapat pengurus harian PSSI di kediaman Ketua Badan Liga dan Tim Nasional Indonesia, Nirwan Dermawan Bakrie, Kamis (21/9), di kawasan Simprug Jakarta. Terkait masa edar ini, ada pengecualian jika pemain bersangkutan mengajukan permohonan menjadi WNI.

Untuk posisi pengatur serangan, Persib sudah mendapat sinyal positif akan merekrut pemain asing dari Paraguay, Lorenzo Cabanas.

Sutiono mengatakan, komposisi ideal duet striker memiliki tipikal permainan berbeda. Satu pemain kuat dalam kemampuan teknik individu dan lainnya cenderung memiliki daya dobrak sangat tinggi. Namun, keduanya harus memiliki akurasi dalam mengumpan.

“Kalau satu tipe akan sulit menggabungkannya. Tapi, yang terpenting adalah sikap kebersamaan pemain,” ujarnya.

Dalam analisis Sutiono, baik Batoum atau Serge, mereka bisa ditandemkan dengan Barkaoui. Hal itu karena Barkaoui memiliki tipikal berbeda dengan kedua striker asal Kamerun itu.(PR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: